All for Joomla All for Webmasters

DOSEN UNIMED MELAKUKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI DESA ARA PAYUNG

Dalam menyelenggarakan sebuah bukti sosial sebagai sarana pengabdian kepada masyarakakat, dosen Universitas Negeri Medan (UNIMED) terjun langsung ke Desa Kelambir guna memberikan pelatihan, pendampingan, dan sosialisasi tentang pentingnya sebuah desain kemasan, pemasan produk, dan pembukuan keuangan. Kegiatan ini diberikan kepada kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Desa Kelambir. Tim pengabdi pada kesempatan ini juga memberikan alat dan bahan yang bisa menunjang peningkatan kualitas dan produktifitas kelompok UKM yang ada di  Desa Ara Payung ini.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 28, 29, dan 30 November ini dihadiri langsung oleh kepala Desa Ara Payung yaitu Bapak Ahmad Alhadi, S.H., beliau mengungkapkan bahwa “kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Desa Kelambir ini, dimana UKM akan memperoleh pengetahuna dan keterampilan baru yang selama ini belum didapat dari pihak manapun, tentunya hal ini dapat meningkatkan kualitas dan produktifitas dari kelompok usaha tersebut”, ungkap kepala desa yang akrab dipanggil Ahmad ini.

Ibu Dahlia selaku ketua kelompok dan 12 anggota lainnya memberikan perhatian penuh selama kegiatan berlangsung, memberikan pertanyaan tentang hal-hal yang belum dimengerti dan mengerjakan dengan serius semua latihan yang diberikan oleh tim pengabdi. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Ara Payung ini menjadi ramai dengan adanya kegiatan ini, dimana tidak hanya anggota kelompok saja yang ikut hadir dan mengikuti kegiatan sampai akhir, namun dihadiri juga oleh anak-anak, remaja muda-mudi, dan dari kalangan bapak-bapak juga ikut berperan aktif. Hal ini menunjukkan bahawa masyarakat yang ada di Desa Ara Payung tertarik dengan adanya kegiatan pengabdian ini, kegiatan berlangsung selam 3 hari bertuturut-turut mulai dari dari hari Rabu, Kamis, dan Jum’at. Di akhir kegitan tim pengabdi yang diwakili oleh Adek Cerah Kurnia Azis, S.Pd., M.Pd., memberikan alat dan bahan kepada kelompok UKM di Desa Ara Payung, pada kesempatan ini diterima langsung oleh Ibu Dahlia selaku ketua keolompok. Kegitan ini merupakan bentuk buktik sosial Dosen UNIMED mengabdi kepada masyarakat di Desa Ara Payung untuk mensejahterakan sebuah usaha yang ada dalam suatu kelompok usaha dipedesaan tentunya.

DOSEN UNIMED MENJANGKAU PELOSOK DESA UNTUK MENGABDI KEPADA MASYARAKAT

Dosen Universitas Negeri Medan (UNIMED) yang tergabung dalam Program
Pengabdian Masyarakat (LPM) UNIMED melaksanakan kegiatan Pengabdian
Masyarakat di Desa Kelambir, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.
Kegiatan yang dirancang oleh tiga orang pengabdi ini, terdiri dari Dosen Fakultas
Bahasa dan Seni (FBS) Bapak Drs. Mesra, M.Sn., Dosen Fakultas Teknik (FT)
Bapak Bagoes Maulana, S.Kom., M.Kom., dan Dosen Fakultas Ekonomi (FE) Ibu
Revita Yuni, S.Pd., M.Pd. Kegiatan ini berlangsung pada bulan Oktober tahun
2018 ini. Adapun aktivitas yang dilakukan pada kesempatan tersebut yakniknya,
memberikan pelatihan, pendampingan, dan edukasi tentang pentingnya
pengemasan yang baik, pemasaran secara online, dan pembukuan keuangan yang
tertata dengan rapi dalam sebuah Usaha Kecil Menengah (UKM) di Desa
Kelambir. Dimana banyak produk dari kelompok masyarakat yang belum
melakukan perbaikan dari ketiga hal tersebut.
Seiring dengan itu, Bapak kepada Desa Kelambir Sahrial, S.E., mengemukakan
“kegitan ini memberikan banyak manfaat bagi kelompok masyarakat kami, dimana
kelompk masyarakat yang ada di desa ini, memiliki pengetahuan tentag desain,
pemasaran online, dan pembukuan keuangan, dengan adanya hal ini secara
berkesinambungan akan memberikan peningkatan terhadap kualitas dan kuantitas
dari produksi kelompopk masyarakat, dan tentunya peningkatan dalam
perekonomianpun akan mengalami pelonjakan”, ungkap Kepala Desa Kelambir
ini.
Revita Yuni, S.Pd., M.Pd salah satu anggota dari tim Pengabdian Masyarakat LPM
UNIMED, pada kesempatan ini juga memberikan bahan dan alat untuk penunjang
peningkatan kualitas produksi produk UKM yang di Desa kelambir ini.
Tim LPM UNIMED sangat senang bisa berbagi pengetahuan dengnan kelompok
masyarakat, hal ini merupakan bentuk pengabdian yang menjadi salah satu tugas
poko seorang dosen dalam Tri Dharma perguruan tinggi. Tim LPM UNIMED ini
bertekat akan menjangkau daerah terpinggir untuk melakukan pengabdian demi
kemajuan masyarakat yang madani.

Partisipasi Masyarakat Menjadi Sebuah Keniscayaan Dalam Mendongkrak Kesuksesan Sebuah Ikon Pariwisata

Ketua LPM Sedang Memaparkan Materi

Bagan Serdang (14/3) porsi partisipasi masyarakat menjadi sebuah keniscayaan dalam mendongkrak kesuksesan sebuah ikon pariwisata di daerah, hampir 80 % tergantung dari kondisi partisipasi kelompok sosial masyarakat dan selebihnya 20 adalah kondisi alam, hal ini terungkap dari paparan Doktor Fakultas Ekonomi Andri Zainal, SE., M.Si., Ph.D., Ak., CA yang menjadi Person In Charge (PIC) dalam kegiatan Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Darwis) dan Kelompok Sadar Lingkungan (Darling) di desa bagan Serdang Kecamatan pantai labu kabupaten deli Serdang.

Baca Selengkapnya

LPM Unimed Gandeng Risbang Dikti dan Komisi VII, Diseminasi Teknologi Pembelajaran di Sumatera Barat

Sijunjung (05/10) – Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan gencar melakukan kegiatan peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya di Sumatera Utara akan tetapi sampai ke propinsi lain. Dalam kegiatan diseminasi tersebut LPM Unimed menggandeng Direktorat Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset Dikti dan Komisi VII DPR RI.

Baca Selengkapnya
https://lpm.unimed.ac.id

Tekan Tingkat Kemiskinan, LPM Unimed Bekali Ekonomi Produktif Anak Jalanan

Medan (08/09) – Unimed sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Di Sumatera Utara tidak ingin berada di menara gading dengan program-program yang hanya menyentuh pendidikan tingkat tinggi. Lewat Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) unimed melakukan program Pengentasan kemiskinan sebagai bentuk kepedulian sosial dan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama bagi keluarga anak jalanan dan miskin kota di Kota Medan.

Baca Selengkapnya

LPM UNIMED Bina Masyarakat UMKM Di Kabupaten Simalungun

Simalungun (12/8) – Semangat membangun negeri terutama dalam menyambut kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 diaplikasikan LPM Unimed dengan melakukan “kerja nyata” dalam bentuk pembinaan UMKM bekerjasama dengan pemerintahan Nagori Sahkuda Bayu Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun. Acara yang dibingkai dengan pelatihan, pendampingan, dan penyerahan alat Teknologi Tepat Guna (TTG) Laptop dan Modem Mifi bagi pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Simalungun.

Baca Selengkapnya
Page 1 of 41234